Monday, April 18, 2016

Ini Foto Tewasnya Teroris Santoso Yang Menghebohkan, Polisi: Santoso Masih Hidup

Dunia maya dihebohkan oleh peredaran sebuah foto jenazah orang berpakaian kamuflase militer yang diduga Santoso, buronan teroris yang menjadi pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Teroris Santoso
Santoso (tengah) buronan teroris Poso

Menanggapi hal tersebut, pihak Kepolisian di Poso, Sulawesi Tengah membantah spekulasi bahwa pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso telah tewas. 

Foto yang beredar itu merupakan foto lama dari peristiwa baku tembak yang pernah terjadi di Poso pada 15 Januari 2016.  Menurut Kepala Kepolisian Resort Poso AKBP Ronny Suseno, Santoso hingga saat ini masih hidup dan masih diburu aparat gabungan TNI dan Polri dalam Operasi Tinombala 2016 di Poso Sulawesi Tengah.

“Foto tersebut tidak benar, artinya korban yang ada di foto tersebut foto lama atas nama inisial R waktu itu. Kejadian pada Januari 2016,” kata AKBP Ronny Suseno di Mapolres Poso Senin 18 April 2016.

Ronny mengatakan bahwa foto-foto yang memperlihatkan seseorang yang tewas dan disandingkan dengan foto Santoso yang masih hidup merupakan penyesatan informasi yang diembuskan oleh orang atau pihak tidak bertanggung jawab. 

Foto Santoso
Foto yang dikira Santoso tewas yang menghebohkan

Foto pria yang diduga Santoso itu merupakan foto dari pertempuran antara 60 personel aparat gabungan TNI Polri dengan kelompok Santoso di Desa Taunca, Kecamatan Poso Pesisir Selatan pada 15 Januari 2016. Pria yang tewas tersebut diketahui berinisial R yang saat itu dipastikan bukan Santoso.

Pihak Kepolisian meminta kepada siapa pun agar tidak membuat atau menyebarluaskan informasi yang kemudian membingungkan masyarakat luas. Dijelaskannya Santoso dan kelompoknya yang kini tinggal 27 orang itu masih diburu.

Sementara masyarakat setempat semakin diliputi ketakutan karena Santoso dan kelompoknya masih juga belum tertangkap hingga kini. Mereka menjadi takut untuk berkebun.
(dari berbagai sumber)

2 comments: