Monday, August 22, 2016

Menguak Fakta Fitnah Jokowi (Bukan) Presiden RI Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Pulau Samosir

Benarkah Jokowi presiden RI pertama yang mengunjungi Pulau Samosir? Menurut penelusuran saya sejauh ini, klaim itu benar.

Jokowi Ke Pulau Samosir


Angka menunjukkan link referensi di akhir tulisan.

Media memberitakan kunjungan Jokowi ke P. Samosir akhir minggu ini dengan menyatakan "Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pulau Samosir untuk bertemu masyarakat adat. Ini merupakan kunjungan pertama kalinya seorang Presiden di Tanah Samosir selama 71 tahun Indonesia merdeka".[1] Bupati Samosir juga menyatakan "71 Tahun kami tunggu kedatangan presiden ke Samosir, baru hari ini mimpi kami terwujud".[2]

Tapi beberapa media lain, utamanya dari golongan oposisi pemerintah, mencela berita tersebut dengan menyatakan beberapa presiden RI terdahulu sudah pernah ke Samosir. Sepertinya yang pertama menyatakan adalah Eramuslim.[3]

Klaim siapa yang benar? Mari kita teliti.
Sebelumnya, penjelasan soal Samosir. "Samosir" adalah nama pulau di tengah Danau Toba, Sumut,[4] juga nama kabupaten di Sumut yang mencakup P. Samosir dan daerah di barat dayanya,[5] ; selain itu ada Kabupaten Toba Samosir yang terletak di sebelah timur D. Toba.[6] Kab Samosir adalah pemekaran dari Kab Toba Samosir pada tahun 2003.

Presiden yang menurut Eramuslim sudah ke Samosir sebelum Jokowi adalah SBY dan Sukarno.
SBY:
SBY "pernah meresmikan gedung olahraga di Toba Samosir".[7] Ini terjadi tahun 2011, namun di Balige, Kab. Toba Samosir, bukan di P. Samosir.

SBY juga disebut "tiga kali membuka Festival Danau Toba". Festival Danau Toba (FDT) pertama digelar pada 2013 dan digelar tahunan,[8] jadi klaim "tiga kali" itu keliru karena sepanjang masa jabatan SBY, FDT terjadi hanya dua kali, 2013 dan 2014 (September). SBY tidak membuka FDT 2013 dan 2014. Yang membuka FDT 2013 adalah Menko Perekonomian Hatta Rajasa, di P. Samosir,[9] sedangkan yang membuka FDT 2014 adalah Wamenparekraf Sapta Nirwandar, di Balige.[10]
Berarti klaim "tiga kali membuka Festival Danau Toba" adalah SALAH.
Pencarian lebih lanjut atas berita tahun 2004-2014 sejauh ini tidak menemukan berita lain kunjungan SBY ke P. Samosir.

Kesimpulannya: Belum ditemukan bukti bahwa SBY sewaktu menjabat presiden mengunjungi P. Samosir.

Sukarno:
Sukarno disebut pernah berfoto di Danau Toba bersama H.Agus Salim. Sukarno (bersama Agus Salim dan Sjahrir) memang pernah diasingkan ke tepi D. Toba selama dua bulan pada 1948, tepatnya di Parapat.[11] Parapat terletak di Kab. Toba Samosir, di seberang P. Samosir, BUKAN di P. Samosir.
Pencarian lebih lanjut atas sumber-sumber sejauh ini tidak menemukan berita lain kunjungan Sukarno ke P. Samosir.
Kesimpulannya: Belum ditemukan bukti bahwa Sukarno sewaktu menjabat presiden mengunjungi P. Samosir.

Sekalian, saya memperluas penelitian ke presiden-presiden RI lainnya.
Sejauh ini juga saya tidak menemukan sumber yang menyatakan Abdurrahman Wahid, BJ Habibie, dan Soeharto pernah ke P. Samosir.

Megawati:
Megawati pada 2013 berkunjung ke Kab. Samosir. Ada beberapa berita mengenainya, salah satunya menyebut "berkunjung ke Pulau Samosir".[12] Tapi pada 2013 Megawati Sukarnoputri sudah tidak menjabat Presiden RI. Ketika itu beliau telah menjadi mantan presiden.

Jadi, kesimpulan akhirnya:
* Sejauh ini, pernyataan "Jokowi adalah Presiden RI pertama yang mengunjungi P. Samosir" itu benar.
* Sejauh ini, belum ditemukan bukti bahwa semua presiden RI sebelum Jokowi (SBY, Mega, Gus Dur, Habibie, Soeharto, Sukarno) pernah mengunjungi P. Samosir ketika menjabat. Ada yang pernah ke daerah-daerah di Kab. Samosir atau Kab. Toba Samosir, tapi bukan ke P. Samosir. Ada juga yang diberitakan mengunjungi P. Samosir, tapi ketika sudah tidak menjabat.
* Pernyataan "Jokowi adalah Presiden RI pertama yang mengunjungi P. Samosir" masih bisa disangkal apabila ditemukan bukti presiden RI lain mengunjungi P. Samosir. Yang jelas pencarian saya sejauh ini belum menemukannya. Kalau ditemukan, dengan senang hati saya akan ganti kesimpulan saya.


Belum lagi tambahan "oktan palsu" dari situs Piyungan:

Nah, masih percaya dengan web oposisi abal-abal dan yan sering menjual fitnah kepada pemerintah untuk menaikkan rating?
(Sumber Facebook AP)

18 comments:

  1. Koreksi...parapat itu masuk wilayah kabupaten simalungun

    ReplyDelete
  2. Apakah itu sebuah prestasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bukan prestasi, mengapa para pembenci langsung membuat bantahan, seolah gak terima Jokowi disebut presiden pertama yang ke sana?

      Delete
  3. Apakah itu sebuah prestasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngga mau dibilang prestasi, setidaknya baru kali ini presiden kita ngasi perhatian kesana. nunggu 71 tahun tuh kelamaan. ini aja baru pas jokowi jalan ke wamena di papua sana dibangun

      Delete
  4. Adalah sebuah kebanggaan yg tak terukur mas eko jika rumah anda tiba tiba dikunjungi pejabat tinggi bahkan presiden....justru prestasinya ada pada anda bukan tamu agungnya....

    ReplyDelete
  5. Adalah sebuah kebanggaan yg tak terukur mas eko jika rumah anda tiba tiba dikunjungi pejabat tinggi bahkan presiden....justru prestasinya ada pada anda bukan tamu agungnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentarnya mengena banget ke mereka yang "belum bisa menerima kenyataan" ya mas?

      Delete
  6. Sepertinya sekitar thn 1977--1978,Suharto sbg presiden RI periode 1973-1978 pernah mengunjungi samosir didampingi Menhankam/Pangab Jend.TNI Maraden Panggabean dan Ka.BAKN Mayjend. TNI A.E. Manihuruk.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. koreksi parapat termasuk kabupaten simalungun.

    ReplyDelete
  9. Anda terlalu bernafsu dan mati2 an melakukan pembelaan terhadap sebuah keboongan dan ksealahan pujaan anda,, janganlah begitu,, salah katakan salah,, benar katakan benar meskipun pahit untuk di terima.....

    ini saya kasih link kunjungan SBY ke samosir tahun 2011 sumber ANTARANEWS.COM sumber Resmi pemerintah

    Presiden Minta Infrastruktur Bandara Silangit Ditingkatkan
    http://www.antaranews.com/berita/1295373788/presiden-minta-infrastruktur-bandara-silangit-ditingkatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di link ini aja ya bro.
      https://www.google.co.id/#q=peta+kabupaten+toba+samosir

      http://www.skanaa.com/en/news/detail/kembangkan-bandara-silangit-ap-ii-gelontorkan-rp80-miliar/okezone

      ntar kalau udah buka link tsb dan lihat gambar petanya, anda bisa kembali kesini lagi

      Delete
  10. Toba Samosir, Sumut (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mendarat di Bandara Silangit, Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa, meminta agar infrastruktur bandara itu lebih ditingkatkan lagi.

    Hal itu disampaikan Presiden saat memberi sambutan ketika meresmikan Museum Batak serta pengoperasian PLTA Asahan I dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Simangkuk di kompleks TB Silalahi Center Pagarbatu, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumut.
    Editor: B Kunto Wibisono
    COPYRIGHT © ANTARA 2011

    Presiden Minta Infrastruktur Bandara Silangit Ditingkatkan
    http://www.antaranews.com/berita/1295373788/presiden-minta-infrastruktur-bandara-silangit-ditingkatkan

    ReplyDelete
  11. JADI JELAS BUKAN BAHWA KLAIM JOKOWI SEBAGAI PRESIDEN PERTAMA KE SAMOSIR ADALAH HOAXS DAN PEMBOONGAN SEJARAH BANGSA

    ReplyDelete
  12. Bro, baca penjelasannya ga klo disebut pulau samosir dan kabupaten toba samosir itu dua hal yg berbeda? Di beritanya aja udah jelas klo SBY resmikan di balige, tau nggak balige dimana? Udah pernah kesana belum? Saran saya, tolong belajar lagi geografi ya, karena setau saya di peta Indonesia, kabupaten toba samosir itu tidak terletak di pulau samosir, kecuali anda punya peta Indonesia buatan sendiri. Kasian anda berargumen tp malah justru jadi bahan lawakan. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di link ini aja ya bro.
      https://www.google.co.id/#q=peta+kabupaten+toba+samosir

      ntar kalau udah buka link tsb dan lihat gambar petanya, anda bisa kembali kesini lagi

      Delete