Monday, April 18, 2016

Ini 5 Hal Krusial Yang Menjadi Kunci Kesuksesan Dalam Menjalankan Wirausaha, Berani?

Dewasa ini, menjadi wirausaha merupakan sebuah hal yang lumrah khususnya di luar negeri. Namun, hal tersebut malahan belum menjadi hal yang lumrah di Indonesia.

Padahal, menjadi wirausaha amat cocok bagi semua orang yang ingin menjadi bos bagi diri dan usahanya sendiri, memiliki rencana jangka panjang dan mengatur semuanya berdasarkan keinginan dan kebutuhannya, bukan ditentukan oleh atasan. 

Menjadi anak buah seumur hidup atau wirausaha
Pilih mana, menjadi anak buah seumur hidup atau menjadi bos bagi diri sendiri?

Namun, menjadi wirausaha bukan berarti tidak akan menemui kesulitan atau hambatan. Walaupun Anda yang berhak mengatur dan mengendalikan usaha Anda sendiri, tapi Anda juga harus berani menjadi orang pertama yang berdiri paling depan ketika ada tantangan yang mulai menghadang. Karena Andalah yang memiliki kewajiban mengatur dan menjalankan strategi untuk memenangkan tantangan dan pasar.

Oleh karena itu, inilah beberapa tips mengenai kiat sukses menjadi wirausahawan yang berhasil terutama bagi Anda yang masih terbilang baru dalam dunia wirausaha:

1. Hal pahit yang harus Anda ketahui pertama kali adalah ketika Anda tidak bisa sukses dalam bisnis ketika Anda tidak mengenal bisnis tersebut. Kenal bukan berarti hanya tahu sisi baiknya, tetapi ‘cara bermain’, tantangan, kesempatan, kekurangan, kelebihan, tujuan bisnis tersebut, dan masih banyak hal lain yang harus Anda kenali.

Tanpa mengenal dan memahami jalan bisnis yang akan Anda pilih, Anda hanya akan diperlakukan sebagai orang asing yang tidak tahu apa-apa. Anda tidak akan bisa peka terhadap keadaan yang merugikan dan menguntungkan. Maka dari itu, sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia wirausaha, pelajari dan ketahui hingga ujung akar bisnis tersebut.

2. Ingatlah bahwa Anda yang bertanggung jawab atas jalannya bisnis Anda sendiri. Maka jangan sampai tidak fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda, sekalipun hal tersebut merupakan hal kecil. Sedikit bias bisa merusak bisnis Anda, apalagi dengan hal-hal besar yang tidak Anda pedulikan.

Hindari godaan untuk ingin menguasai segala bidang yang berhubungan dengan bisnis Anda. Meski Anda berpendapat bahwa hal tersebut bisa meningkatkan kualitas dan pelayanan bisnis terhadap konsumen, ketidak fokusan Anda dalam bisnis bisa menjadikan bisnis Anda biasa-biasa saja dan tidak mendapat nilai tambah di mata konsumen.

3. Anda baru saja memulai usaha bisnis. Meski Anda memilikinya, bukan berarti Anda bisa bersikap bahwa Anda sungguh-sungguh seorang bos dari usaha Anda sendiri. Anda tetaplah pegawai yang berusaha membangun bisnis Anda hingga sukses.

Banyak pengeluaran yang mungkin harus Anda tanggung sekarang dan masih banyak tantangan yang belum bisa Anda tangani sendiri. Akan ada berbagai hal yang mencoba menggoyahkan bisnis Anda dari segala bidang dan tidak menutup kemungkinan terjadi kebangkrutan dalam usaha Anda. Tetaplah berhemat, rendah hati, dan prediktif.

4. Bisa jadi, inti dari semua kegiatan bisnis dan wirausaha adalah menjual. Dalam hal ini. Anda akan berhadapan dengan berbagai macam orang yang merupakan calon konsumen Anda. Ada kecenderungan kita menawarkan produk pada orang-orang yang dari penampilannya kita nilai sebagai konsumen potensial.

Kami mengingatkan bahwa jangan menilai calon konsumen Anda dari tampilan luar. Kenali konsumen Anda dan kenalkan produk Anda. Anda tidak pernah bisa memastikan siapa konsumen Anda dan bagaimana kecocokan antara konsumen Anda dengan harapan mereka terhadap produk Anda. Perlakukan semua calon konsumen secara sama.

5. Bangkit ketika gagal dan terus bangkit setiap menemui kegagalan. Mustahil bahwa suatu usaha dibangun tanpa kesulitan berarti. Anda pasti akan menemukan berbagai hal yang berpotensi membuat Anda menyerah pada jalan yang sudah Anda pilih.


Akan tetapi, kesuksesan tidak akan menghampiri orang yang hanya termenung dan menyerah ketika suatu hambatan datang. Kesuksesan akan menunggu orang-orang tangguh yang mampu bangkit ketika mereka menghadapi tantangan dan mungkin gagal tetapi mereka tidak pernah menyerah hingga mencapai tujuan mereka. Di saat itulah, kesuksesan akan hadir.

Beranikah mencoba untuk menjadi bos bagi diri sendiri? Semoga sukses.
(Cermati)

No comments:

Post a Comment