Thursday, November 3, 2016

Melayat Raja Thailand: Tanda tangan Unik Ibu Negara dan Bukti Penguasaan Bahasa Inggris Jokowi

Wafatnya Raja Thailand belum lama ini sempat menggemparkan perpolitikan dunia karena sang Raja merupakan sosok yang amat disegani dan dihormati. 

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana atas nama bangsa Indonesia memberikan penghormatan terakhir untuk mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej di Dusit Maha Prasat Throne Hall, Grand Palace, Bangkok.

Jokowi dan Iriana disambut oleh Kepala Rumah Tangga Kerajaan Thailand Chirayu Isarangkun Na Ayuthaya sekitar pukul 14.05 waktu setempat, Selasa 25 Oktober 2016 lalu dan langsung diantar menuju Royal Um.

Menurut keterangan tertulis dari Kepala Biro Pers Setpres Bey Machmudin, di Royal Um itulah jasad mendiang Raja Bhumibol disemayamkan. Di depan peti mati jenazah sang Raja, Presiden Jokowi dan Ibu Negara menundukkan kepala sejenak untuk berdoa, setelah itu mereka meletakkan karangan bunga.

Jokowi dan Iriana Melayat Raja Thailand
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melayangkan doa bagi Raja Bhumibol Adulyadej (foto: The Jakarta Post)

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi dan Iriana menandatangani buku duka cita. Pada buku tersebut Jokowi menuliskan pesan penghormatan terakhir. Berikut pesan duka cita Jokowi:

Atas nama rakyat dan pemerintah Indonesia, saya menyampaikan duka cita mendalam dengan kesedihan atas mangkatnya Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyandej.

Kontribusi Raja Bhumibol untuk persatuan dan meningkatkan perdamaian dan kesejahteraan untuk rakyat Thailand patut dicontoh. Juga, kebijaksanaannya dan kepemimpinannya akan selalu diingat.

Pemikiran dan doa saya bersama rakyat Thailand dalam suasana sedih dan kehilangan ini.

Semoga jiwanya beristirahat dengan tenang.

Bangkok, 25 Oktober 2016
(Ditandatangani)
Presiden Republik Indonesia: Joko Widodo

Ibu Negara: Iriana Joko Widodo

Yang menjadi heboh disini adalah bentuk tandatangan Ibu Negara yang unik dan penulisan ucapan turut berduka cita dalam Bahasa Inggris yang amat rapi dan baik. 

Jokowi melayat Raja Thailand
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan penghormatan terakhir kepada Raja Thailand, (kiri), pernyataan ikut berdukacita yang ditulis Presiden Jokowi dalam buku tamu yang disediakan pihak Istana Kerajaan Thailand (kanan)

Selama ini, sejak masa kampanye Pilpres, Presiden Jokowi selalu diolok-olok tidak menguasai Bahasa Inggris oleh lawan-lawan politik berikut simpatisan mereka. Namun semuanya terjawab di sini.

Presiden Republik Indonesia ternyata menguasai Bahasa Inggris
(istimewa)

No comments:

Post a Comment