Tuesday, November 8, 2016

Ada Yang Paham Dengan Makna Tulisan Spanduk Perayaan Sumpah Pemuda Ini?

Perayaan Hari Sumpah Pemuda mungkin sudah lewat pada 28 Oktober lalu. Namun “pergunjingan” terkait “makna” Sumpah Pemuda ternyata masih ramai hingga sekarang.

Salah satunya adalah spanduk yang berukuran cukup besar dan dipampang di sebuah jalan. Di keterangannya, dia meminta netizen menyimak tulisan di spanduk itu. Seorang netizen yang memposting foto spanduk tersebut lantas meminta pendapat dan komentar para netizen lain.

Hal ini karuan saja menjadi viral hingga kini karena bunyi kalimat yang terpampang pada spanduk peringatan hari Sumpah Pemuda tersebut dianggap menyindir salah satu kalangan secara halus namun telak.

Spanduk perayaan sumpah pemuda yang unik
Tempat spanduk heboh ini terpasang

"Dilarang keras berbahasa asing...!!! Jika masih menggunakan bahasa asing, silakan angkat kaki dari negara Republik Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-88. Berbahasa, bertanah air dan berbangsa satu yaitu Indonesia," demikian tulisan pada spanduk yang lantas menjadi pembahasan viral di internet tersebut.

Apa yang jadi persoalan? Apakah soal larangan keras berbahasa asing? Ternyata tidak. Netizen ternyata mempersoalkan tulisan 'warning' dengan tiga tanda seru di pojok kiri atas spanduk tersebut.

Spanduk sumpah pemuda
Dari dekat tulisan pada spanduk perayaan Hari Sumpah Pemuda saat dilihat dari dekat

Banyak netizen yang mengaku gagal paham. Mereka rata-rata berkomentar tidak mengerti apa maksud tokoh yang gambarnya terpampang di spanduk tersebut melarang keras berbahasa asing sementara ada tulisan 'warning' di spanduk itu. Banyak juga netizen yang berkomentar pedas, namun ada pula yang tertawa karena menilai hal ini lucu.

Foto spanduk ini diambil di daerah Tanjung Balai, Sumatera Utara. Sosok tokoh yang wajahnya ada dalam spanduk tersebut juga tidak jelas betul siapa.


Bagaimana menurut Anda?
(Facebook)

No comments:

Post a Comment