Thursday, September 1, 2016

Ini Bedanya Penegakan Disiplin PNS Di Indonesia dan Dubai

Ruangan kantor mewah yang kosong melompong, komputer mati, meja kerja besar rapi, dan kursi yang tanpa penghuni merupakan sebuah hal yang lumrah ditemukan disetiap perkantoran pada hari Minggu yang merupakan hari libur.

Namun tentu bukan itu diharapkan oleh penguasa Dubai, Uni Emirat Arab, ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah departemen pelayanan umum pada Minggu 28 Agustus 2016.

Berbeda dengan wilayah lain di dunia, Minggu adalah hari kerja di Uni Emirat Arab dan di negara-negara lain di Timur Tengah. Hari kerja di wilayah ini berlangsung Minggu hingga Kamis.

Sidak dilakukan pada pukul 07.30 waktu setempat. Sang pemimpin Dubai berharap, para pejabat senior departemen telah duduk di belakang meja dan melaksanakan tugasnya.

Namun, seperti yang dilaporkan oleh Dubai Media Office, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, sang penguasa Dubai, adalah satu-satunya orang yang berada dalam ruangan yang kosong itu, dimana disampingnya terpampang foto-foto dirinya yang terpampang di dinding.

Inspeksi mendadak Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum amat kecewa karena ia tidak mendapati ada seorang pun yang masuk kerja pada Minggu 28 Agustus 2016 (foto: Daily Mail)

Usai sidak, sembilan pejabat senior dari Dubai Municipality diperintahkan untuk pensiun dini. Nama-nama pejabat yang dilengserkan tidak diungkap ke publik. Namun, Mona Al Marri, direktur jenderal Dubai Media Office mengatakan, sanksi itu menunjukkan bahwa sang penguasa ingin menyampaikan pesan yang kuat dan tegas.
"Ketepatan waktu dimulai dari atas. Kami tidak akan mengejar bawahan ketika bosnya saja tak ada di tempat," kata dia.

Sheikh Mohammed dikenal gemar melakukan sidak pada pagi hari. "Untuk memastikan pelayanan pemerintah sesuai dengan standar Dubai yang dikagumi secara global," demikian alasannya.

Sementara itu, sidak sang penguasa ke Bandara Internasional Dubai berakhir memuaskan. Sheikh Mohammed tersenyum saat melihat petugas imigrasi telah siap menjalankan tugasnya.

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menyapa wisatawan calon penumpang pesawat saat melakukan inspeksi mendadak di Bandara Internasional Dubai (foto: Daily Mail)

Berbeda sekali dengan keadaan yang sering ditemui di Indonesia. Nasib pegawai pemerintah yang ketahuan bolos hanya disanksi ringan saja. Mungkin kita harus mencontoh Dubai ini.

(Gulf News, BBC, Daily Mail)

No comments:

Post a Comment