Sunday, February 7, 2016

Penampilan Hijarbie (Boneka Barbie Berhijab) Yang Memicu Kegaduhan Di Internet

Siapa yang tidak kenal dengan boneka Barbie? Boneka Barbie sering digambarkan sebagai sosok model wanita sempurna sehingga banyak wanita di seluruh penjuru dunia tergila-gila dan bermimpi mempunyai wajah dan bentuk tubuh seindah boneka Barbie.

Selain itu, boneka Barbie lekat dengan penampilan modis dengan gaya pakaian yang glamor dan cenderung seksi (walaupun tidak seluruhnya). Namun kali ini, (perubahan) penampilan boneka berparas cantik dan bertubuh seksi ini menjadi pembicaraan ramai dan mengundang pro-kontra di seluruh penjuru dunia.

"Kegaduhan" di dunia maya terkait boneka Barbie ini berawal dari seorang gadis Nigeria, Haneefah Adam (24 tahun), me-make over koleksi boneka Barbienya dengan mendandani boneka cantik tersebut. Haneefah memakaikan hijab pada koleksi Barbie-nya. Ia menamai Barbie yang mengenakan hijab ini "Hijarbie”. Ia pun memposting foto-foto koleksi Barbie miliknya yang mengenakan hijab di akun Instagram miliknya.

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


Haneefah berharap koleksi-koleksi Barbie berjilbab miliknya yang di-posting di akun Instagram-nya bisa menuai sikap positif terhadap para Muslim. Harapan Haneefah tidaklah berlebihan sebab belakangan ini segala yang terkait dengan Islam tengah jadi subyek Islamophobia, setelah terjadi serangkaian aksi-aksi terorisme di seluruh dunia yang mengatasnamakan Islam.

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


Dalam postingannya di Instagram, Haneefah menuliskan, “Ini semua tentang sebuah boneka yang terlihat seperti barbie, tapi mewakili budaya dan latar belakang keagamaan kami,” ungkap Haneefah,

Posting-an Haneefah di Instagram dan Twitter-nya pun menuai beragam komentar positif dari berbagai netizen di belahan dunia barat.

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


“Sejujurnya #Hijarbie merupakan hal fashion paling maju yang pernah saya lihat,” ungkap pengguna asal New Jersey, Amerika Serikat (AS) berakun @nicolewojtooo.

“Selamat karena telah menggapai perhatian dan respek yang Anda layak dapatkan. Saya bangga pada Anda,” tulis akun @davies1608

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


“Hijarbie mungkin boneka terbaik yang lupa diciptakan Barbie,” tulis akun @TeenVogue.

Selain komentar positif, posting-an Haneefah ini juga banyak mendapat komentar-komentar miring netizen lain.

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


“Konyol. Hijab adalah bukti penindasan. Selanjutnya apa? (Boneka Barbie) Ken bakal punya empat istri barbie?,” kicau akun @UAI2000.

“Barbie takkan pernah mengenakan jilbab/kantong sampah…tapi sejak dia dirusak, apakah Ken akan menikam dadanya sendiri?,” sambung akun @ArRuple.

“Peralatan hukuman rajam, serangan zat asam dan Taharrush (serangan seksual) dijual terpisah,” ketus akun @Desareon.

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab


Sebenarnya masih banyak beragam gaya Barbie berhiajb yang cantik kreasi Haneefah Adam. Namun karena keterbatasan tempat maka tidak bisa ditampilkan semuanya disini.

Apabila dilihat secara perspektif mode dan bisnis, Hijarbie ini nampaknya bisa menciptakan sebuah tren baru yang amat posotof. Setuju?
(Russia Today, Cosmopolitan, Mirror, Twitter, Instagram)

No comments:

Post a Comment