Saturday, February 6, 2016

Ini Cara-cara Traveloka Untuk Menjamin Transaksi Pemesanan Tiket dan Hotel Anda Aman

Liburan kini sudah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat urban untuk melepaskan diri dari penatnya beban pekerjaan dan kehidupan di kota. Terlebih lagi, kini sudah semakin mudah untuk merencanakan liburan dengan memesan tiket atau hotel hanya melalui jari-jari yang menari-nari di gadget secara online.

Namun, pada umumnya setiap traveller Indonesia masih dihinggapi kekhawatiran saat memesan itinerary secara online. Kekhawatiran yang paling umum dirasakan biasanya menyangkut proses pembayaran.

keamanan transaksi di traveloka
Transaksi di Traveloka sangat aman, jadi tenang saja

Pertanyaan-pertanyaan yang kerapkali terdengar terkait dengan hal tersebut adalah, “Apakah prosesnya aman?” atau “Bagaimana agen travel online ini menjamin keamanan transaksi saya?”, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, siapa sih yang tidak mengenal Traveloka? Traveloka merupakan agen pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Lalu apa hubungannya dengan yang hendak kita bahas disini? Ini adalah sebuah kabar baik bagi Anda yang sering bepergian.

Kabar baik apakah itu? Bagi Traveloka, keamanan transaksi pengguna merupakan prioritas yang paling utama. Berkat kecanggihan teknologi yang diterapkan, pembayaran online atas pemesanan Anda di Traveloka dijamin aman.

Hal tersebut bisa terjadi melalui 5 cara yang diadopsi oleh Traveloka sebagai berikut.

1. Privasi Anda dijaga 100% aman melalui jaringan privat
Traveloka menggunakan jaringan privat HTTPS pada penulisan situsnya: https://www.traveloka.com. Dengan adanya jaringan privat ini, data penting termasuk transaksi Anda dijamin pasti aman.

Mengingat adanya hacker dengan keahliannya mencuri data secara online, jaringan privat HTTPS dapat mencegah hal itu terjadi. Bahkan saat Anda mengakses internet melalui WiFi umum yang rentan terkena serangan hacker, keamanan data Anda tetap terjaga dengan adanya sistem enkripsi HTTPS pada situs tersebut.

HTTPS merupakan jaringan privat yang digunakan juga oleh bank dalam memproses sistem transaksi. Karena itu, Anda tidak perlu ragu-ragu lagi booking tiket pesawat atau hotel melalui Traveloka.


2. Melindungi kerahasiaan kartu kredit Anda dengan teknologi berstandar internasional
Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran tercepat yang dapat digunakan untuk booking hotel secara online. Karena Traveloka menyadari bahwa penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran sudah semakin umum, maka pihak Traveloka menjalin kerja sama dengan Cybersource, yaitu sebuah perusahaan kelas dunia yang berfokus pada payment system management yang dapat menjaga kerahasiaan data dan transaksi kartu kredit. Cybersource sendiri merupakan anak perusahaan VISA, yang namanya sudah tidak lagi asing dalam dunia e-commerce, dalam hal ini e-payment banking.

Oleh Cybersource, seluruh data dan transaksi kartu kredit akan dienkripsi atau disimpan dalam bentuk token di jaringan Cybersource agar nantinya hanya Anda yang dapat mengakses data tersebut. Dengan kata lain, dengan bantuan Cybersource ini, tidak ada satu orang pun yang dapat mencuri dan menggunakan kartu kredit Anda. Jadi transaksi Anda di Traveloka dijamin aman.

3. Memfasilitasi Anda dengan sistem log in demi melindungi informasi penting tiap pengguna
Selain bekerja sama dengan Cybersource, Traveloka juga dilengkapi fitur log in, serta tak henti-hentinya mengedukasi para pengguna untuk segera mendaftar untuk membuat akun pribadi.

Keuntungannya, apabila Anda memiliki akun pribadi, maka seluruh informasi seperti riwayat pemesanan dan refund Anda dapat disimpan selamanya dan tidak dapat dilihat oleh siapa pun. Mengapa? Karena untuk dapat mengakses informasi ini, pengguna diharuskan memasukkan data berupa e-mail beserta password yang digunakan untuk akun tersebut.

Lebih jauh lagi, dengan memiliki akun pribadi sendiri, Anda bukan hanya menutup akses bagi orang lain untuk membaca data penting Anda, tapi sekaligus mendapatkan kesempatan untuk menikmati penawaran spesial yang hanya ditawarkan kepada pemilik akun atau member.

4. Membangun sistem secara berkesinambungan untuk mencegah timbulnya potensi penipuan transaksi (fraud)
Selain menggunakan jaringan privat HTTPS dan bekerjasama sengan Cybersource, Traveloka telah membangun sistem untuk mencegah penipuan transaksi yang dinamakan fraud management system. Sistem ini pun selalu diperbarui secara terus menerus (berkesinambungan).

Sistem ini dijalankan secara manual oleh manusia dengan cara memblokir akun-akun pengguna yang terbukti telah berniat mencuri data penting milik konsumen lain, seperti identitas kartu kredit. Ketika sudah diblokir, akun tersebut tidak diizinkan untuk melakukan transaksi apa pun, selamanya.

Proses monitoring penipuan transaksi ini dilakukan selama 24 jam nonstop. Hal ini makin mempersempit peluang bagi seseorang yang berniat mencuri data penting Anda.

5. Traveloka secara berkala memberikan informasi dan edukasi seputar bertransaksi online yang aman
Sebagai pemain utama dalam bidang transaksi keuangan dan kepariwisataan, secara terus menerus Traveloka memberikan edukasi kepada pengguna, baik melalui media sosial atau email, tentang cara aman bertransaksi online. Salah satunya dengan melaporkan langsung kepada customer service jika pengguna menjadi korban penipuan, seperti menerima SMS tak dikenal menawarkan tiket atau hotel murah.

Setelah melaporkan berita penipuan tersebut, Traveloka akan menggandeng penggunanya untuk memproses penipuan ini secara hukum dengan pihak kepolisian jika perlu. Hal ini menunjukkan bahwa Traveloka amat peduli dalam menjaga keamanan transaksi Anda sebagai pengguna jasa mereka.

Sampai kapan pun, yang namanya praktek penipuan akan selalu tetap ada. Modus-modus yang kerap digunakan untuk menipu amat variatif, mulai dari hacking dan mencuri kartu kredit hingga via SMS.

Terkait hal ini, Traveloka tidak tinggal diam dalam menghadapi masalah ini. Dengan dukungan teknologi yang terus berkembang serta sistem menyeluruh, Traveloka telah dan akan terus berupaya untuk menjamin keamanan transaksi online bagi para penggunanya.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

No comments:

Post a Comment