Friday, November 13, 2015

Rekaman Lensa: Kehebohan Penjualan Perdana Sistem Operasi Windows 95

Belum lama ini, raksasa software Microsoft meluncurkan sistem operasi terbarunya yang dinamakan Windows 10 yang dilengkapi beberapa fitur baru khususnya antarmuka dan fitur asisten pribadi Cortana yang canggih.

Semua kecanggihan pada Windows 10 merupakan hasil evolusi sistem operasi Windows sejak 20 tahun lalu yang ditandai dengan diluncurkannya Windows 95 pada 25 Agustus 1995.

Windows 95
Suasana antrian pembeli saat penjualan perdana Windows 95 di salah satu toko ritel di Amerika Serikat

 Microsoft memang pintar menarik perhatian masyarakat mengenai sistem operasi produksinya ini. Bahkan pada 20 tahun yang lalu saat mereka memperkenalkan Windows 95 pun berhasil membuat kehebohan.

Windows 95
CEO Miceosoft, Bill Gates (kiri) bersama komedian legendaris, Jay Leno saat launching Windows 95 di Redmond, Washington

Lebih gila lagi, ternyata peluncuran Windows 95 pada 20 tahun lalu itu menghabiskan dana sebesar US$ 300 juta untuk promosinya, termasuk mengontrak bintang film seri komedi “Friends”, Jennifer Aniston dan Matthew Perry dalam video tutorialnya. Strategi cerdas ini membuat Microsoft mengeruk keuntungan besar.

Bill Gates
Penampilan Bill Gates saat presentasi dalam peluncuran Windows 95 di Redmond, Washington

Bukan Cuma itu saja, iklan Windows 95 yang ditayangkan di televisi-televisi pun menggunakan lagu band Rolling Stones yang berjudul #Start Me Up” sebagai jingle iklannya. Hal ini selaras dengan kampanye Microsoft memperkenalkan tombol Start yang baru diperkenalkan pertama kali saat itu. Selain tombol Start, juga diperkenalkan taskbar di bagian bawah layar yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Bill Gates
Toko-toko bahkan sudah buka sejak dinihari untuk menjual Windows 95

Peluncuran Windows 95
Kehebohan saat penjualan perdana Windows 95

Windows 95
Seorang pembeli dengan antusias mengambil salah satu copy Windows 95

Kecanggihan Windows 95 yang lain adalah mendukung penamaan file hingga 250 karakter dan fitur teknologi "Plug and Play" yang mempermudah penginstalan perangkat keras.

Karena begitu hebohnya kabar-kabar mengenai Windows 95 sampai toko-toko elektronik dan komputer sampai rela mulai membuka tokonya sejak dini hari dan ribuan orang rela mengantre untuk mendapatkan sistem operasi yang sangat canggih pada saat itu.

Dan inilah video tutorial Windows 95 yang menampilkan Jennifer Aniston dan Matthew Perry yang membuat penjualannya sukses berat:




Penjualan Windows 95 pun sukses. Dalam 5 pekan semenjak diluncurkan, sudah lebih 7 juta copy Windows 95 yang terjual. Sebuah rekor yang fantastis saat itu dan membuat Windows 95 sebagai sistem operasi paling populer sebelum akhirnya digantikan oleh Windows 95 pada tahun 1998.

Saat ini, sistem operasi yang dianggap paling sukses adalah Windows 7. Windows 8 dianggap gagal karena interfacenya yang rumit. Mingkinkah Windows 10 mencetak rekor yang baru? Kita tunggu saja.
(Mashable)

2 comments:

  1. baru pertama kali muncul sudah setenar itu, windows emang sistem operasi sejuta umat :v

    ReplyDelete
  2. iya, itu sistem operasi paling mudah yang bisa digunakan pertama kali dan berbasis user interface. komputer saya pertama kali OS nya ini sebelum tak lama kemudian menjadi windows 98

    ReplyDelete