Saturday, November 7, 2015

Ini Daftar Keuntungan dan Kerugian Melamar Posisi Management Trainee

Setiap melihat iklan lowongan pekerjaan di surat kabar kita sering kali menemukan lowongan posisi Management Trainee yang banyak bertebaran. Apakah itu Management Trainee? Melalui artikel yang saya tulis ini, kita akan membahas mengenai Management Trainee secara rinci. Kebetulan saya pernah bekerja dan mendapat pelatihan untuk posisi ini di sebuah perusahaan besar berskala nasional.

Management Trainee (MT), merupakan sebuah program training atau pelatihan. Management Trainee kerap disebut sebagai Business Training Program, atau Development Program. Ini merupakan program pengembangan talenta karyawan yang di masa mendatang akan menjadi bibit pemimpin-pemimpin perusahaan. Selain remunerasi yang relatif tinggi, program MT merupakan primadona bagi para fresh graduate (mahasiswa yang baru lulus).

Posisi sebagai Management Trainee amat seksi di mata para lulusan baru (fresh graduate)

Lalu sebenarnya, apa yang menyebabkan program Management Trainee ini amat seksi di mata fresh graduate? Hal ini tak lain karena ada banyak keuntungan yang didapat oleh para calon Management Trainee.

Namun sebelum mengirimkan aplikasi lamaran kerja untuk posisi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Keuntungan Bekerja Sebagai Management Trainee

1. Digaji untuk belajar
Setelah diterima masuk program Management Trainee, perusahaan biasanya akan memberi pelatihan beberapa bulan, ujian, on-the-job training, dan di setiap langkah, peserta program akan didampingi mentor dengan pengalaman kerja di perusahaan tersebut.

Fitur MT yang paling dikenal adalah sistem rotasi peserta program di posisi dan departemen berbeda untuk periode beberapa bulan yang berarti Anda akan mendapatkan dan menyerap pengetahuan dan pengalaman di lebih dari satu bidang. Sangat sesuai bagi Anda yang belum memiliki spesialisasi kerja atau belum menentukan arah karier Anda.

2. Jalur dan jenjang karier lebih pasti di perusahaan
Program MT umumnya melatih pesertanya dengan tujuan untuk menempati posisi manajerial di departemen yang sesuai dengan keahlian Anda nanti. Di akhir program, Anda bisa berkesempatan untuk menentukan posisi yang Anda inginkan. Perusahaan juga mengawasi prestasi Anda sepanjang program, sehingga perjalanan Anda mendaki jenjang karier di sana juga akan menjadi lebih mulus.

Program MT dari perusahaan ternama umumnya memperoleh ratusan hingga ribuan lowongan untuk yang bersedia melewati berbagai tes dan proses wawancara panjang. Jika Anda berhasil bergabung dan lulus, tentu prestasi ini akan membuat CV Anda tampak menarik di mata perusahaan idaman Anda kelak.

3. Kesempatan berharga untuk memperluas networking
Sistem rotasi yang disebut di poin atas berarti Anda akan bertemu dan bekerja di samping profesional dari bidang berbeda, masing-masing dengan pengalaman dan keahlian unik yang suatu hari mungkin akan membantu Anda dalam perjalanan karier Anda sendiri.

Tantangan Saat Bekerja Sebagai Management Trainee

1. Menuntut komitmen yang tinggi
Program Management Trainee umumnya bersifat mengikat dengan kontrak kerja untuk satu, dua tahun, bahkan lebih. Salah satu persyaratannya adalah ijazah yang diserahkan kepada pihak perusahaan sebagai jaminan. Ini tentu menjadi masalah tersendiri jika di tengah pelatihan, Anda merasa tidak cocok dengan dan berniat keluar dari program MT tersebut.

Persyaratan lainnya yang juga memberatkan adalah penalti biaya di kisaran belasan hingga ratusan juta yang dikenakan bila peserta keluar di tengah program. Jika Anda belum genap hati atau tidak siap dari sisi finansial lebih baik berpikir dua kali sebelum Anda menandatangani kontrak.

2. Tidak semua program Management Trainee dibuat sama
Ada juga beberapa instansi yang memasang tawaran Management Trainee untuk pekerjaan administrasi. Walau beberapa contoh ini bukanlah cerminan dari mayoritas program Management Trainee, ada baiknya Anda cermati terlebih dulu reputasi perusahaan dan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan program MT sebelum melamar.

Bagaimana, berani menerima tantangan?

No comments:

Post a Comment