Tuesday, September 13, 2016

Borobudur, Cerminan Bahwa Peradaban Bangsa Kita Kini Telah Merosot Drastis

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi Borobudur merupakan warisan budaya indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia bangunan ini merupakan candi Buddha terbesar didunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sejarah Borobudur
Candi Borobudur (foto: jogjakharismatransport.com)

Bentuknya yang megah dan detail arsitekturnya yang unik membuat semua orang ingin mengunjungi borobudur yang penasaran dengan ceritanya, borobudur mencuri perhatian dunia sejak HC Cornelius menemukan lokasinya atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Pekerjaan menggali lokasi yang diduga monumen besar kemudian dilanjutkan oleh Hotman salah satu pejabat pemerintah belanda yang saat itu para arkeolog berlomba lomba mencari tahu asal usul candi Buddha terbesar didunia ini.

Candi Borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno dan selesai dibangun pada abad ke-8.

Banyak sekali misteri candi borobudur yang belum terkuak, apa sebenarnya nama asli candi Borobudur tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan dengan pasti tentang pembanguan Borobudur, ada yang mengatakan nama tersebut berasal dari nama samara Budhara memiliki arti gunung yang lerengnya terletak teras teras ada juga yang mengatakan borobudur berasal dari ucapan para Buddha yang mengalami pergeseran satu-satu nya tulisan yang menyebutkan borobudur pertama kali adalah thomas Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang berjudul sejarah pulau jawa.


Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada tahun 750 Masehi oleh Wangsa Syailendra yang pada waktu itu menganut agama Buddha. (Teknik) pembangunan itu sangat misterius karena manusia pada abad ke 7 belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi tetapi Borobudur dibangun perhitungan arsitektur yang canggih, hingga kini tidak satu pun yang dapat menjelaskan bagaimana cara pembangunan dan sejarah candi Borobudur ini.

Hendaknya Borobudur menjadi pemersatu bangsa karena ini merupakan bukti bahwa peradaban nenek moyang kita sangat tinggi. Tetapi mengapa bangsa kita semakin kesini semakin tidak beradab?
(istimewa)

No comments:

Post a Comment