Monday, August 29, 2016

(Ngeri) Begini Keadaannya Ketika Junk Food Dicerna Dalam Lambung Kita

Siapa sih yang tidak pernah mengonsumsi makanan cepat saji seperti ayam goreng tepung (fried chicken) ataupun cheese burger dan semacamnya? Selain enak dan gurih, makanan cepat saji seperti ini merupakan sebuah pilihan yang praktis di zaman yang bergerak serba cepat ini.

Akibat buruk mengonsumsi cheeseburger
Ilustrasi wanita sedang mengonsumsi burger ukuran jumbo. Burger merupakan makanan khas Amerika Serikat (foto: thecelebritycafe.com)

Karena masyarakat masa kini selalu diburu waktu untuk beraktivitas sehari-hari, maka makanan cepat saji yang kerap dijuluki sebagai makanan sampah (junk food) karena tidak mempunyai nutrisi dan gizi yang seimbang, menjadi pilihan utama untuk menggantikan makanan sarapan sehat yang pada zaman dahulu sering dibuat dan dikonsumsi di rumah bersama-sama.

Bukan cuma itu saja, konsumsi makanan cepat saji ini "diperparah" dengan minuman bersoda yang berkadar gula tinggi sebagai minuman wajibnya.

Bagaimanakah efek makanan sampah ini bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya?

Efek makanan seperti ini sudah banyak diteliti oleh para ilmuwan. Hasil penelitian para ilmuwan ini mengatakan bahwa bahan-bahan makanan cepat saji ini terbukti tak seaman dan senikmat kelihatannya. Tubuh manusia pun bereaksi negatif kala mengonsumsi makanan semacam ini.

Nah, para peneliti dari University of Nottingham, Inggris melakukan sebuah penelitian di laboratorium untuk mencari jawabannya.

Para ilmuwan menggunakan hydrocloric acid solution (asam klorida/HCl cair), sebuah senyawa kimia yang serupa dengan asam lambung manusia untuk mengisi sebuah kontainer. Ke dalam kontainer berisi HCl cair tersebut kemudian dimasukkan sebuah cheese burger yang dibeli dari restoran fast food terkenal (pasti Anda tahu restoran yang dimaksud disini) untuk direndam selama 3,5 jam.

Nah, setelah direndam selama 3,5 jam didapatkan sebuah hasil yang mengejutkan. Cheese burger tersebut menjadi lumer dan berwarna kehitaman. Lalu apa hubungannya dengan tubuh manusia?

HCl dalam lambung (asam lambung) menghancurkan semua makanan yang kita makan agar mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Seperti itulah hasilnya saat burger yang sama kita makan dan dicerna di dalam lambung kita.

Hasil percobaan dan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti University of Nottingham dapat dilihat pada rekaman video berikut ini:



Oleh karena itu, kita lebih baik mengubah kebiasaan kita yang serba praktis dengan membuat dan mengonsumsi makanan yang kita buat dirumah dari bahan-bahan alami karena akan berefek positif bagi tubuh kita.
(the-open-mind.com)

1 comment: