Monday, May 16, 2016

Aplikasi-aplikasi Ponsel Yang Rakus Kuota Data Internet dan Cara Menyiasatinya Agar Hemat

Masyarakat dewasa ini sangat akrab dengan smartphone (telepon cerdas) dan berbagai macam mobile yang terpasang dalam perangkatnya tersebut. Mereka sering asyik mengutak-atik aplikasi pada perangkatnya tersebut.

Aplikasi Mobile Rakus Kuota Data Internet
Ilustrasi: kuota data internet

Ponsel cerdas yang senantiasa terhubung terus-menerus ke internet baik itu Android dan iOS, memang punya tingkat konsumsi data yang berbeda-beda. Ada yang sedikit, ada juga yang mampu menyedot banyak data internet dengan cepat.

Jika sudah keasyikan menggunakan satu aplikasi, banyak orang yang tidak sadar kuota internetnya sering cepat habis tersedot. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa kita, maka sebaiknya kita mulai mengetahui dan mengenal aplikasi-aplikasi apa saja yang amat rakus data.

Karena apabila kita sudah mengenali aplikasi-aplikasi mana saja yang rakus data, maka kita akan lebih mudah untuk mengaturnya misalnya dengan mengurangi pemakaian, memakai hanya saat terhubung dengan WiFi, atau mengaturnya untuk mematikan fitur-fitur tertentu.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang amat rakus dan boros kuota data internet

1. Facebook
 Apabila sering mengecek akun Facebook, maka dijamin kuota data internet yang kita miliki akan jebol dengan sangat cepat dan tanpa ampun. Karena aplikasi Facebook ini tidak hanya berisi pesan teks saja, tetapi juga foto dan video, yang sudah barang tentu menyedot banyak kuota internet. 

Yang paling buruk adalah apabila pengguna mengeceknya setiap lima menit, ditambah menyalakan fitur autoplay video dimana fitur tersebut akan membuat video di timeline secara otomatis diputar ketika pengguna mencapai bagian tersebut.

Untungnya, fitur autoplay tersebut bisa dimatikan atau hanya berjalan ketika perangkat pengguna terhubung ke WiFi.

2. Twitter
Walau tweet-tweet yang dtampilkan di timeline memang pendek, yaitu satu tweet hanya sepanjang, maksimal 140 karakter saja hal tersebut bagaikan bahaya laten bagi para pengguna yang tidak cerdas.

Meski ada banyak kicauan yang muncul, pengguna biasanya tak akan merasa kuota internet mereka disedot habis. Lagipula, menampilkan kicauan tak membutuhkan kuota besar.

Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Seperti halnya Facebook, Twitter juga memiliki fitur autoplay video. Setiap kali Anda membiarkan video berputar, maka kuota internet akan tersedot banyak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya matikan fitur tersebut. Caranya, Anda tinggal menyentuh ikon titik tiga di sudut kanan aplikasi, kemudian pilih menu Settings. Setelah itu pilih tab bertuliskan Data.

Atur agar autoplay hanya berfungsi saat terhubung ke WiFi atau matikan saja fitur tersebut. Supaya lebih hemat lagi, Anda juga bisa mengatur agar aplikasi tidak menampilkan gambar atau foto.

3. Instagram
Instagram merupakan aplikasi sosial media yang kini sedang banyak digemari. Selain foto, Instagram pun juga mengandung berbagai video. Konten foto saja sudah menyedot kuota cukup besar, maka akan lebih parah lagi apabila ditambah dengan video?

Konsumsi kuota internet akan lebih rakus jika Anda membiarkan video-video tersebut berputar secara otomatis. Sayangnya, fitur tersebut tidak bisa dimatikan.

Sebagai solusi, cobalah buka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilih tab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.

Pengaturan tersebut tidak akan mematikan autoplay. Tapi sebagai gantinya, Instagram tidak akan memutar video saat Anda menggunakan koneksi internet seluler.

4. YouTube
Sebagai aplikasi pemutar video, sudah tentu YouTube merupakan yang paling besar memakan kuota internet. Untungnya aplikasi ini tidak otomatis memutar video, sehingga pemakaiannya bisa sesuai kesadaran pengguna.

Untungnya lagi, Anda masih bisa berhemat kuota internet, jika tetap ngebet nonton YouTube di smartphone. Caranya dengan mengatur YouTube pada resolusi video terendah. Jangan lupa nyalakan fitur Play HD on WiFi Only, sehingga resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet itu tak bisa diputar menggunakan koneksi seluler.

5. Spotify
Aplikasi streaming musik ini memanjakan telinga penikmat musik. Jika Anda memakai aplikasi lagu yang seolah tak ada habisnya itu sebagai teman berkegiatan, kuota data Anda dipastikan terkuras.

Cara yang lebih hemat, Spotify menawarkan fitur download untuk pengguna premium. Dengan cara ini, pengguna bisa mengunduh berbagai album lagu favorit dan memutarnya tanpa harus berulang kali memakai kuota internet.

Jika ruang penyimpanan gadget hanya sedikit dan tetap ingin mendengarkan secara online, Anda tetap bisa menghemat kuota internet. Caranya dengan mengatur kualitas streaming musik.

Masuk menu pengaturan pada Spotify dan pilih tab Streaming Quality. Berikutnya akan tampil pilihan Otomatis, Normal, High, dan Extreme. Cukup atur pada kualitas Normal saja.

Semoga bermanfaat.
(CNet)

No comments:

Post a Comment