Thursday, January 14, 2016

Inilah 11 Pekerjaan Yang Memberikan Gaji Fantastis Di Indonesia

Isu mengenai gaji merupakan sebuah hal yang amat sensitif di Indonesia terutsma di kalangan para pekerja. Besaran dan tinggi-rendahnya gaji biasanya ditentukan oleh jenis profesi serta pengalaman yang dimiliki.

tenaga kerja terdidik
Ilustrasi: Jumlah tenaga kerja terdidik dan terampil di Indonesia masih sangat sedikit padahal permintaan pasar amat tinggi menyongsong era perdagangan bebas

Memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi merupakan impian semua orang. Berikut 10 pekerjaan dengan gaji fantastis di Indonesia.

1. Pilot pesawat komersial
Menjadi pilot adalah pekerjaan yang menuntut kedisiplinan karena memikul tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, pantaslah apabila seorang pilot dibayar dengan sangat mahal. Hal ini bisa dimaklumi karena biaya sekolah penerbangan untuk menjadi pilot pun amat mahal. Belum lagi tuntutan jam terbang (pengalaman) yang tinggi. Di Indonesia, pilot pesawat penerbangan komersial memiliki besaran gaji yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan tempatnya bernaung. Namun berdasarkan bocoran resmi, gaji pilot Lion Air, rata-rata sekitar Rp 45 juta per bulan. Sedangkan pilot Garuda Indonesia bergaji rata-rata Rp 70 juta per bulan.

2. Ahli Teknik Perminyakan
Ini juga merupakan profesi yang diidamkan oleh banyak orang karena menawarkan gaji yang besar. Oleh karena itu banyak orang yang bermimpi bekerja di perusahaan perminyakan. Misalnya Pertamina rata-rata menggaji karyawannya sebesar Rp 7 juta per bulan untuk fresh graduate (pegawai yang baru lulus kuliah). Sementara untuk level senior, gajinya mencapai Rp 150 juta per bulan. Besaran gaji ahli perminyakan di Indonesia ini masih tergolong kecil dibanding negara lain. Bayangkan saja berapa gaji ahli perminyakan di luar negeri.

3. Manager Human Resources Department
Pekerjaan profesi ini adalah mengepalai departemen/bagian yang bertanggung jawab untuk merekrut serta memberdayakan sumber daya manusia terbaik bagi suatu perusahaan. Beban kerja profesi ini pun menuntut tanggung jawab yang besar. Berdasarkan survei Kelly Services, Inc. pada rentang tahun 2012-2013 gaji seorang manajer HRD di Indonesia dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun mencapai Rp 75 juta per bulan.

4. Dokter spesialis
Banyak juga yang bermimpi menjadi seorang dokter. Coba tanyakan kepada para siswa Sekolah Dasar mengenai apa cita-cita mereka. Kebanyakan dari mereka bercita-cita menjadi seorang dokter. Perlu diketahui bahwa gaji seorang dokter di Indonesia sebenarnya tidak memiliki standar yang sama. Perbedaan tersebut biasanya berdasarkan di rumah sakit mana ia bekerja. Jika di rumah sakit swasta gaji seorang dokter spesialis bisa mencapai Rp 50 juta per bulan, di rumah sakit pemerintah hanya Rp 10 juta per bulan. Namun dokter yang bekerja di rumah sakit pemerintah mendapatkan pensiun dari pemerintah.

5. Ahli pertambangan
Pendidikan yang tinggi serta pengalaman menjadi standar profesi bagi seorang ahli pertambangan. Sebenarnya banyak yang kurang meminati profesi ini dikarenakan pendidikannya susah. Namun kecenderungan terkini menunjukkan tren bahwa makin banyak pelajar yang berminat menempuh kuliah pertambangan di Indonesia. Ahli geologi yang berkerja di lokasi pertambangan di Indonesia umumnya menerima gaji rata-rata Rp 30 juta per bulan.

6. Ahli teknik informatika
Profesi ini adalah profesi yang paling tren saat ini karena amat dibutuhkan oleh dunia industri. Permintaannya banyak namun sumber daya manusia yang berkualitas dan tersedia masih amat sedikit, karena itu wajarlah apabila profesi ini menerima gaji tinggi. Gaji rata-rata software engineer dan system administrator di berbagai perusahaan di Indonesia bagi yang sudah mengantongi pengalaman kerja lebih dari 2 tahun rata-rata Rp 15 juta per bulan.

7. Marketing Manager (Manajer Pemasaran)
Profesi ini juga menawarkan gaji yang besar. Tanggung jawab seorang manager pemasaran bisa dibilang menentukan hidup-matinya sebuah perusahaan karena pekerjaan ini bertanggung jawab mengelola sistem pemasaran, strategi, serta analisis pasar sehingga gaji seorang manajer pemasaran yang mencapai Rp 60 juta per bulan dianggap pantas. Sekali lagi, karena posisi pekerjaan ini amat penting dalam sebuah perusahaan.

8. Anggota DPR
Menjadi anggota parlemen (DPR) di Indonesia merupakan sebuah impian siapapun yang ingin kaya raya (khususnya secara instan) karena menawarkan besaran gaji dan tunjangan yang besar dengan beban kerja yang tidak berat (kata banyak orang, hanya perlu pandai bersilat lidah). Maka tak heran apabila banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak saat kampanye untuk menjadi anggota DPR. Gaji anggota DPR di Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar di dunia. Dengan gaji pokok Rp 15 juta per bulan dan ditambah tunjangan sana-sini yang besar, total gaji yang mereka peroleh per bulan sekitar Rp 46 juta.

9. Ahli Konstruksi (Teknik Sipil)
Pekerjaan sebagai ahli konstruksi dewasa ini semakin dibutuhkan karena semakin maraknya proyek-proyek pembangunan fisik. Gaji yang ditawarkan pun besar. Di Jakarta saja, ahli konstruksi berkualifikasi S1 yang baru lulus kuliah digaji sebesar Rp 20 juta per bulan. Sedangkan untuk yang latar belakang S3 dan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun bisa mencapai Rp 60 juta per bulan.

10. Chief Executive Officer (CEO)
Chief Executive Officer adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Seorang CEO biasanya ditunjuk oleh dewan direksi. Rata-rata seorang CEO di Indonesia yang bekerja di perusahaan nasional digaji sebesar Rp 1 miliar per tahun. Sedangkan apabila bekerja di perusahaan asing, maka gaji yang diperoleh lebih fantastis lagi.

11. Pemain Sepakbola.
Dahulu banyak orangtua yang melarang anaknya menjadi seorang pemain sepakbola karena profesi pesepakbola di Indonesia digaji kecil dan mempunyai usia produktif singkat. Kini, banyak orang tua yang berlomba-lomba dan mendukung anaknya masuk sekolah-sekolah sepakbola dengan harapan anaknya suatu saat menjadi pemain sepakbola yang handal karena profesi ini menawarkan gaji yang besar, contohnya Bambang Pamungkas pada tahun 2006 pernah menerima gaji bersih dari Persija sebesar Rp 1,3 milyar per tahun. Seorang Cristian Gonzalez rata-rata gajinya tak pernah kurang dari Rp 1 milyar per tahun walau usianya sudah mendekati kepala empat. Sedangkan untuk pemain Liga Super Indonesia yang berkelas biasa saja bisa mengantongi kontrak gaji rata-rata Rp 250 juta sampai Rp 400 juta per tahun.

Mari kita bekerja dan meningkatkan skill, karena semakin tinggi skill yang dimiliki akan semakin besar gaji dan penghargaan yang kita terima dari perusahaan tempat kita bekerja.
(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment