Monday, November 2, 2015

Obyek-obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Akan Membuat Traveler Terpana

Banyuwangi yang lama terlupakan kini telah menggeliat dan berbenah. Pemerintah daerah setempat giat mempromosikan pariwisata di daerahnya. Tak banyak yang tahu kalau poteensi wisata di Banyuwangi amat dahsyat. Bisa dikatakan, Banyuwangi merupakan mitra bagi Bali.

Banyak yang menyarankan, apabila hendak mengunjungi Bali, maka wajib untuk singgah di Banyuwangi. Ini bukan sekadar "hidangan pembuka" sebelum mengunjungi Bali, tapi juga merupakan "hidangan utama" sama seperti Bali, mengingat keindahan alamnya yang eksotis dan sebagian besar masih perawan.

Penasaran dengan obyek-obyek wisata yang keindahannya bakalan membuat Anda terpana? Ini dia:

1. Kawah Ijen
Selain pemandangannya yang indah, Kawah Ijen terkenal dengan fenomena api yang berwarna biru. warna biru pada api terjadi karena semburan gas belerang yang bereaksi dengan oksigen di udara. Pijaran api biru ini sungguh mempesona.

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang penasaran untuk bisa melihat semburan api biru ini dengan mata kepala sendiri. Untuk melihatnya, para pelancong harus sudah ada di Kawah Ijen. Jangan takut, banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai penambang belerang yang menjadi guide untuk naik ke atas kawah.

Seorang wisatawan sedang melihat pijaran api biru dari jarak dekat. Anda berani?

Sudah cuma itu saja? Belum, apabila ingin pemandangan yang lebih dahsyat, tunggulah di seputaran kawah untuk menunggu fajar. Dan ketika sang surya menyingsing, pemandangan terbitnya matahari akan membuat Anda terpesona dan semakin bersyukur akan kemuliaan Allah.

Keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise) di Kawah Ijen

Sungguh luar biasa bukan?

2. Green Bay (Teluk Hijau)
Pantai di teluk yang termasuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini panoramanya sungguh menakjubkan. Letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing karang.

Green Bay termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Pemandangannya sungguh menyegarkan mata

Air lautnya yang berwarna hijau cerah mengingatkan para turis mancanegara dengan Maya Bay di Thailand. Pasir di pantainya pun halus dan berwarna putih dengan deburan ombak yang tenang. Siapapun akan merasa ingin berlama-lama disini.

3. Pantai Sukamade
Pantai Sukamade berada dalam Taman Nasional Meru Betiri. Yang istimewa, pantai ini menjadi salah satu titik dari megahnya Segitiga Berlian di Banyuwangi.

Anak-anak penyu yang imut menuju kelaut di Pantai Sukamade

Pantai Sukamade menjadi zona pemanfaatan intensif bagi bertelurnya penyu dan pelepasan tukik. Saat malam hingga dihirahi, para wisaatwan bisa melihat banyak penyu-penyu imut yang lucu menghampiri bibir pantai untuk bertelur.

4. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung atau lebih beken dengan nama G-Land ini termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini terkenal dengan kedahsyatan ombaknya yang menjadi buruan para penggila olahraga selancar (surfer) dari seluruh dunia.

Para surfer sedang berselancar di Pantai Plengkung. Anda berani?

Jenis ombaknya mempunyai level yang sama dengan ombak di Hawaii. Pantai ini pernah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia selancar. Sayangnya, disarankan hanya para peselancar profesional atau mahir saja yang boleh menari-nari diatas ombak karena ombaknya berkategori bahaya.

5. Air Terjun Wonorejo
Banyuwangi pun juga memiliki wisata air terjun. Namanya air terjun Wonorejo.

Air terjun Wonorejo yang menyegarkan

Lokasi air terjun ini kira-kira berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

6. Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan terletak sekitar 20 km dari Banyuwangi, yaitu di Selat Bali. Lalu apa yang menarik di pulau ini, bukankah Selat Bali ramai oleh lalu-lalang kapal ferry?

Pulau Tabuhan (kiri) dengan latar belakang Gunung Semeru

Tenang saja. Di Pulau ini para wisatawan bisa snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang menarik dengan terumbu karang serta berbagai jenis ikan. Bukan cuma itu, para wisatawan juga bisa mencoba olahraga kitesurfing.

Keindahan bawah laut di perairan Selat Bali di sekitar Pulau Tabuhan

Kitesurfing (berselancar dengan ditarik parasut) di Pulau Tabuhan

Nah, bikin tidak sabar ingin kesana kan?

7. Pulau Merah
Obyek wisata ini berlokasi di Desa Sumber Agung, Pesanggrahan. Letaknya yang menjorok di bibir pantai membuatnya dinamakan Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah

Pemandangan pantai ini amat mempesona dengan pasir putih berwarna kemerahan. Garis pantainya pun panjang.

Ketika senja tiba, pantai ini akan berubah menjadi sebuah pulau yang mampu menyihir siapa pun untuk tinggal lebih lama karena pemandangan matahari terbenam yang indah.

Sunset di Pantai Pulau Merah

Nah, menggoda iman untuk segera mengunjungiinya bukan? Yuk mari liburan ke Banyuwangi.
(istimewa)

No comments:

Post a Comment