Wednesday, November 4, 2015

Kengerian Ketika Pesawat Jet Tempur Mendarat Di Jalan Raya

Para pilot India Air Force (Angkatan Udara India) mencetak rekor gila dengan mendaratkan pesawat jet tempurnya di jalan umum untuk pertama kalinya sebagai bagian dari latihan uji coba menggunakan jalan untuk pendaratan darurat dalam skenario pertempuran atau perang.

Para pilot yang menerbangkan pesawat jet tempur buatan Perancis Mirage 2000 mendaratkan pesawatnya dengan mulus di jalan utama yang menghubungkan New Delhi dan Agra, pada Kamis 21 Mei 2015 pagi.

Jalan epanjang 102 mil itu merupakan salah satu jalan yang paling modern di India. Angkatan Udara India berencana menggunakan berbagai jalan raya di India untuk dijadikan landasan darurat.

Para pejabat senior Angkatan Udara India juga menyaksikan pendaratan dan lepas landas tersebut. Aksi tersebut membuat siapapun termasuk masyarakat yang melihat dari jauh dihantui perasaan was-was dan ngeri.

Dalam berbagai skenario pertempuran saat perang, jalan raya biasanya digunakan untuk pendaratan darurat dan atau lepas landas lagi jika pangkalan udara diserang oleh musuh.

Salah satu jet tempur Mirage 2000 yang mendarat di jalan raya

Rekaman aksi nekat ini bisa dilihat dalam video berikut: 



Negara tetangga India, yaitu Pakistan, telah terbiasa menggunakan jalan tol untuk pendaratan pesawat tempur. Kedua negara bebuyutan ini hingga sekarang masih memiliki semangat "permusuhan", sehingga tidak heran kalau mereka mengintensifkan pertahanan dan kekuatan militernya.
(Times of India)

3 comments:

  1. Th 1980'an pd ultah TNI/ABRI jln tol jagorawi tlh didarati pesawat tempur jet TNI-AU

    ReplyDelete
  2. Th 1980'an pd ultah TNI/ABRI jln tol jagorawi tlh didarati pesawat tempur jet TNI-AU

    ReplyDelete
  3. ada buktinya ngga? biasanya kan ada foto-foto atau rekaman video. bakalan bagus tuh kalau dishare disini

    ReplyDelete