Tuesday, November 3, 2015

Kecurangan Pedagang Di China Yang Terekam Oleh CCTV

Pedagang China
Detik-detik saat wanita muda pedagang ini
mencurangi pelanggannya 
Namanya pedagang, dimana-mana selalu mengincar keuntungan dan tidak ingin rugi. Dan kalau perlu dengan cara curang sekalipun. Kebetulan hal ini pernah saya alami ketika membeli solder listrik, dimana solder listrik tersebut diganti dengan solder listrik yang sebenarnya telah rusak.

Namun kali ini saya tidak ingin membahas mengenai kecurangan yang saya alami, melainkan kecurangan yang dilakukan oleh pedagang di China. Sudah rahasia umum bahwa pedagang (sektor informal) di China kerap mencurangi para pembelinya. Dan kali ini yang menjadi pemberitaan ramai adalah perbuatan curang seorang wanita penjual buah yang terekam kamera CCTV saat mencurangi seorang pria yang membeli buah dagangannya.

Pada rekaman video CCTV yang bisa dilihat dibawah ini, sang pedagang tersebut membungkus buah yang dijualnya ke dalam kantong plastik. Nah, disini tipuannya: saat ingin menimbang buah tersebut, ia dengan cepat menukar kantong buah tersebut dengan kantong buah lainnya yang sudah ia persiapkan di tempat tersembunyi. Sim salabim! Aksinya berlangsung mulus tanpa diketahui oleh sang pembeli.



Kita mungkin menduga-duga apa motif wanita pedagang tersebut sehingga ia berbuat curang. Namun saya menduga, ia menukar dengan buah yang kualitasnya (lebih) buruk. Sungguh terlalu.
(Youtube)

2 comments:

  1. menurut saya ada dua kemungkinan, di tukar dengan kualitas buah yang buruk atau di tukar dengan buah yang beratnya sudah di akali oleh penjual

    ReplyDelete
  2. yang pasti, triknya sepertinya sudah terlatih banget ya

    ReplyDelete