Wednesday, October 19, 2016

Mau Berendam Air Soda Alami, Datanglah Ke Sumatera Utara dan Tak Perlu Ke Venezuela

Siapa sih yang tidak pernah mengenal air soda untuk dikonsumsi? Siapapun pasti pernah mengonsumsi air soda untuk membuat minuman Soda Gembira yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga.

Namun, pernahkah anda berpikir berendam lama-lama dengan air soda, terlebih lagi di pemandian alami?

Asal tahu saja, ini bukanlah dengan menuangkan puluhan ribu botol air soda dulu ke kolam renang, melainkan air soda ini murni muncul sebagai sumber alami. Tak percaya?

Oleh karena itu, berkunjunglah ke Desa Parbubu, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Selatan agar Anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri. Di sana terdapat sebuah kolam yang airnya mengeluarkan gelembung sebagaimana air soda.

Pemandian Air Soda di Tapanuli Utara
Ini bukan air soda buatan, melainkan alami. Tak perlulah jauh-jauh ke Venezuela

Kehadiran kolam air soda ini pun bukan tanpa sebab atau kronologi. Menurut catatan sejarah dari pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, kolam air soda ini kali pertama ditemukan oleh O Tobing Sihite yang kebetulan sedang mencangkul tanah di tempat kolam ini sekarang berada pada waktu itu.

Tanpa disengaja, tanah yang ia cangkul tersebut menyemburkan air dari dalam.

Uniknya, air yang keluar tersebut tidak seperti air tawar kebanyakan. Sebaliknya, air tersebut punya aroma yang mirip dengan soda.

Dari situ, air soda alami tersebut lantas dialirkan ke sebuah kolam yang kini dijadikan tempat pemandian soda alami di Tapanuli Utara.

Tempat pemandian alami yang unik ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, wisatawan asing pun banyak yang ingin menikmati sensasi berendam dalam air soda alami tersebut.

Apalagi wisata berendam di air soda alami ini terbilang langka ditemui. Bahkan, ada yang menyebut hanya ada dua di dunia.

Tak heran bila akhirnya Tapanuli Utara disandingkan dengan Venezuela, karena memang di negara itulah pemandian air soda alami dikenal selama ini.

Berkat kehadiran Aek Rara, istilah lokal untuk menyebut pemandian air soda alami di Tapanuli Utara ini,kita pun tidak perlu jauh-jauh terbang ke Venezuela untuk merasakan sensasi wisata sejenis.

Yuk, mari siapkan ransel kita.

(Istimewa)

1 comment:

  1. Tarutung itu di kabupaten tapabuli utara tolong koreksi

    ReplyDelete