Tuesday, December 15, 2015

Inilah 10 Kota dan Kabupaten Di Indonesia Yang Bersuhu Dingin Dan Berpemandangan Indah

Negara kita Indonesia terletak tepat di garis khatulistiwa sehingga mempunyai iklim tropis. Matahari bersinar sepanjang tahun sehingga suhunya stabil dengan kelembaban yang relatif tinggi, sehingga cuacanya selalu panas.

Uniknya, walaupun mendapatkan sinar matahari yang melimpah ruah sepanjang tahun, Indonesia juga memiliki daerah-daerah yang memiliki suhu udara yang dingin dan membuat siapapun menggigil.

Berikut ini adalah daerah-daerah di Indonesia yang memiliki suhu udara yang dingin;

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua
Mulia adalah kota kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke kota ini kita harus naik pesawat perintis selama 1 jam dari Jayapura serta mengalami perjalanan yang mendebarkan karena melewati gunung-gunung.

Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua
Kota Mulia di lihat dari ketinggian. Kota ini dikelilingi gunung-gunung

Bandara Mulia, Puncak Jaya, Papua
Bandara Mulia mempunyai pemandangan indah karena dikepung gunung-gunung. Bandara ini terlihat seperti terminal bus saja karena siapapun bisa bebas keluar masuk. Penerbangan ke bandara ini hanya dilayani oleh penerbangan perintis seperti Trigana Air dan pesawatnya selalu penuh

Uniknya, walaupun kecil, di kota ini banyak terdapat kantor-kantor pemerintahan. Jalan-jalannya sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah memadai walau jumlahnya masih sedikit.

2. Berastagi, Karo, Sumatra Utara
Karena letaknya di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut serta diapit oleh Gunung Sinabung dan Gunung Sibayah, maka udara kota Berastagi terasa dingin,

Berastagi
Kota Berastagi yang berhawa sejuk dan tenang

Sekitar 1,5 jam dari Berastagi, ada Danau Toba yang luar biasa. Berastagi bisa menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja buah-buahan, karena Berastagi dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara.

3. Padang Panjang, Sumatera Barat
Letak kota Padang Panjang berada di 650 meter hingga 950 meter di atas permukaan laut, Kota ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan tiga gunung yang mengelilinginya, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Kereta Api Batusangkar-Padang Panjang
Pemandangan kereta api melintas di jembatan di atas jalan plus pemandangan indah pengunungan ini hanya bisa Anda temukan di Padang Panjang. Luar biasa

Curah hujan di sini pun cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21.8 derajat Celcius.

4. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur
Walaupun Nusa Tenggara Timur dikenal dengan stigma sebagai daerah panas dan kering, namun ada tempat yang memiliki suhu dingin disana yaitu Ruteng yang terletak pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut,

Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur
Pemandangan indah kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur dari ketinggian

Ruteng juga menjadi istimewa karena memiliki pemandangan seperti di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa. Selain itu, Ruteng memiliki area persawahan yang masih lebar dan hijau dan pemandangan gunung yang indah.

Ruteng juga memiliki gua di mana pernah ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, yaitu Gua Liang Bua. Selain wisata alam, Ruteng juga mempunyai destinasi wisata budaya yaitu Desa Adat Compang Ruteng yang memiliki rumah tradisional seperti Honai di Papua.

5. Gayo Lues, Nanggroe Aceh Darussalam
Sebagai kabupaten terisolasi di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu daerah kabupaten yang terpencil di Nanggroe Aceh Darussalam. Wisata alam yang terkenal di Gayo adalah jalur pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung.

Gayo
Salah satu wisata alam terkenal di Gayo Lues yaitu Kolam Biru yang terletak di Desa Rerebe, Kecapatan Tripe Jaya

Selain itu kabupaten ini merupakan penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Tentunya Gayo Lues paling terkenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang telah mendunia. Kopi terbaik adalah Kopi Gayo. Sayangnya, banyak ladang ganja ilegal juga terdapat di daerah ini.

6. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah
Letak Baturraden di sebelah selatan Gunung Slamet pada ketinggian 980 meter di atas permukaan laut menjadikan Baturraden memiliki suhu yang sejuk pada siang hari dan amat dingin ketika malam hari.

Baturraden
Obyek wisata Baturraden

Meski kota kecil, Baturraden memiliki objek wisata alam yang menarik, seperti Air Terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, bumi perkemahan, dan sebuah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak satwa dari penjuru dunia, yaitu Kaloka Widya Mandala.

7. Wonosobo, Jawa Tengah
Kota Wonosobo dikenal sebagai kota terdingin di Jawa Tengah. Suhu udara di Wonosobo berkisar antara 13 derajat Celcius pada malam hari dan 18 derajat Celcius pada siang hari. Bukan cuma itu, daerah Wonosobo memiliki tanah yang subur.

Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng
Candi Arjuna yang terletak di kompleks percandian di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Wonosobo memiliki wisata alam yang eksotis dan merupakan salah satu jalur pendakian ke Gunung Prau dan Dieng. Apabila berkunjung ke Dieng, bersiap-siaplah menggigil di terpa udara dingin.

8. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Ciwidey hanya berjarak 44 km dari kota Bandung dan terletak pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Destinasi wisata alam yang terkenal adalah Kawah Putih dan pemandian air panas Cimanggu serta Walini.

Kebun Teh Rancabali, Ciwidey
Pemandangan indah Kebun Teh Rancabali, Ciwidey

Ciwidey juga memiliki perkebunan teh yang sangat luas, yaitu Rancabali. Bukan hanya itu, Ciwidey juga dikenal sebagai daerah penghasil buah strawberry.

9. Lembang, Bandung, Jawa Barat
Lembang yang terletak pada ketinggian 1.300 sampai 2.100 meter dari permukaan laut ini selalu menjadi destinasi wisata favorit pada akhir pekan. Gunung Tangkuban Perahu dan Air Terjun Maribaya serta Situ Lembang merupakan wisata alam yang terkenal di daerah ini.

Situ Lembang, Bandung
Keindahan Situ Lembang semakin penuh aura dengan kabut tipis yang turun saat pagi hari

Para penggemar wisata sejarah pun bisa mengunjungi observatorium Bosscha yang merupakan tempat peneropongan bintang pertama dan terbesar di Indonesia yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

10. Batu, Jawa Timur
Kota Batu ini terletak pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut dan hanya sejauh kurang 30 menit dari kota Malang membuat kota Batu memiliki cuaca yang sejuk.

alun-alun Kota Batu, Malang
Berkunjung ke Kota Batu belum lengkap jika tidak singgah di Alun-alun Kota Batu

Ada banyak destinasi wisata alam yang menarik di Batu yaitu pemandian air panas di Cangar, air terjun Coban Rondo dan Coban Sewu, olah raga paralayang dan outbond, taman bermain seperti Jatim Park, Museum Satwa, dan juga kebun binatang Batu Secret Zoo.

Daerah-daerah tersebut diatas bisa menjadi rekomendasi liburan akhir tahun bagi keluarga yang suka berpetualang. Selamat berlibur.
(Skyscanner, Cendrawasih Pos, Danau Toba Travel, dokumentasi pribadi)

5 comments:

  1. komplek camdi arjuna kn msuk Banjarnegara tuh... CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, namun karena sepelemparan batu saja dari wonosobo (ditambah orang paling sering lewat wonosobo) maka dikenalnya wonosobo..hehehe

      Delete
  2. Seharusny Kabupaten Kerinci di Prov.Jambi juga termasuk. berada pada ketinggian diatas 500 m – 3.805 m dpl merupakan bagian dari Bukit Barisan. Dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang luas, Gunung berapi tertinggi di Indonesia, danau kaldera tertinggi di Asia tenggara, air terjun, danau, dan juga air panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,terima kasih untuk tambahan pencerahannya mbak silvia elfida

      Delete
  3. Sebenarnya banyak orang nya aja nggak tau contohnya desa ngliman,nganjuk jatim dan banyak lagi di jatim dan jateng

    ReplyDelete