Thursday, December 3, 2015

Daftar Maskapai-maskapai Penerbangan Seluruh Dunia Dengan Layanan-layanan Terbaik 2016

Akhir tahun 2015 sudah diambang pintu untuk memasuki tahun 2016. Seluruh industri umumnya sudah melakukan penilaian kinerja. Industri penerbangan juga tak luput dari penilaian kinerja tersebut. Penilaian kinerja maskapai penerbangan dilakukan oleh badan independen sebagai patokan para konsumen industri penerbangan untuk tahun 2016.

Ada 12 daftar kriteria dan kategori penilaian untuk penghargaan kepada maskapai penerbangan seluruh dunia dalam tajuk "Airline Excellence Awars"

Inilah daftar maskapai-maskapai penerbangan yang menyabet penghargaan terbaik untuk setiap kategori penilaian yang dilakukan oleh panel independen oleh situs Airline Rating.

1. Best First Class
Sungguh mengejutkan, pemenang kategori yang bisa dikatakan paling bergengsi ini adalah maskapai yang bisa dikatakan pendatang baru, yaitu Etihad Airways yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Etihad First Class Cabin
Kabin First Class Etihad yang mewah

Mungkin ini akan membuat iri saudara sekaligus rivalnya, Emirates.

2. Best Business Class
Kategori ini dimenangkan oleh Singapore Airlines. Hal ini tidak mengherankan karena maskapai ini selalu mendapat review positif dari para penumpangnya selama bertahun-tahun.

Business Class Singapore Airlines
Kursi Business Class Singapore Airlines yang nyaman

Untuk kategori ini mereka memang dikenal sebagai rajanya.

3. Best Premium Economy Class
Untuk ketiga kalinya Air New Zealand memenangkan kategori ini. Air New Zealand kembali membuktikan dengan menyakinkan bahwa penumpang akan rela membayar lebih jika produk yang didapatkan tepat dan sesuai dengan harga yang mereka bayarkan.

premium economy class air new zealand
Kursi Premium Economy Class di Boeing 777-300ER Air New Zealand


Ada harga, ada kualitas. Namun Air New Zealand berhasil memberikan layanan terbaik melebihi harganya.

4. Best Economy Class
Kategori penghargaan ini juga dimenangkan oleh Air New Zealand. Air New Zealand memang dikenal menawarkan standar yang sangat baik dalam penerbangan. 

Sarapan Pagi Economy Class Air New Zealand
Menu sarapan pagi di Economy Class Air New Zealand ini sudah sangat menggugah selera, apalagi menu makan siang dan makan malamnya

Penumpang kelas ekonomi disuguhkan minum anggur dan menikmati makanan buatan para chef di Air New Zealand.

5. Best Low Cost Airlines
Jenis penerbangan dengan biaya rendah memiliki pasar yang terus berkembang dan persaingannya paling ketat karena semua orang memang sensitif dengan harga. Ceruk pasar ini merupakan "gula-gula" paling menarik dalam industri penerbangan. Maka tak heran, persaingan dalam kategori ini amat keras dan brutal karena banyak terjadi perang harga. Namun tetap ada standar yang tidak boleh diganggu gugat yaitu faktor keselamatan penerbangan. Inilah tantangan yang paling seksi bagi semua maskapai di seluruh dunia agar bisa memberi tarif semurah-murahnya tanpa mengorbankan faktor kenyamanan dan keselamatan.

Virgin America
Interior dalam pesawat maskapai LCC Virgin America

Scoot
Nama maskapai penerbangan ini cukup asing. Namun merekalah yang terbaik di kawasan Asia Pasifik, bukan AirAsia

Norwegian B737
Boeing 737 Norwegian, maskapai LCC terbaik Eropa

B737-800 Kulula
Pesawat B737-800 Kulula, maskapai LCC terbaik di kawasan Asia Tengah dan Afrika

Maskapai yang berhasil meraih kategori penghargaan Best Low Cost Airlines yaitu Virgin America (wilayah Amerika), Scoot (Asia-Pasifik), Kulula.com (Asia Tengah/Afrika), dan Norwegian (Eropa)

6. Best Lounge
Pelayanan prima di darat bagi para penumpang tidak kalah pentingnya dengan pelayanan di udara. Hal ini sangat diperhatikan sepenuhnya oleh maskapai penerbangan asal Australia, Qantas.

Qantas Lounge Sydney
Lounge Qantas yang sangat memanjakan penumpangnya. Gratis makan dan minum enak di lounge ini. Ini adalah lounge yang berada di Sydney International Airport

Lounge milik Qantas kembali memenangkan kategori ini. Lounge milik Qantas tak hanya menyediakan makanan dan minuman gratis bagi para penumpangnya, lebih dari itu, mereka juga merupakan perintis yang membangun tempat mandi beberapa dekade yang lalu.

7. Best Catering
Kategori ini juga dimenangkan oleh Qantas. Qantas melakukan gebrakan dengan memperkenalkan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya yakni 4 pilihan menu makan untuk penumpang kelas ekonomi, ukuran menu makanan yang ganda, dan pilihan untuk memesan menu makanan secara online menjelang penerbangan.

Qantas Economy Class Food
Salah satu menu makanan kelas ekonomi Qantas Airways yang membuat kenyang

Hmm, porsinya lebih besar dari menu kelas ekonomi maskapai lain. Kenyang deh.

8. Best In-Flight Entertainment
Tak mengherankan bila Singapore Airlines memenangkan kategori penghargaan ini karena mereka merupakan pelopor dalam hal In-Flight Entertainment yang prima terutama kelas ekonomi. 

Singapore Airlines In Flight Entertainment
Dari internetan, nonton film, nonton tv, main game dan masih banyak lagi, semua ada dalam setiap penerbangan Sinapore Airlines

Saat ini, Singapore Airlines mengembangkan generasi terbaru In-Flight Entertainment yang memiliki berbagai fitur baru yang keren seperti kemampuan melakukan hal secara bersamaan di antara pilihan hiburan yang beragam, rekomendasi konten, 1.000 pilihan konten hiburan, dan fasilitas ulasan film.

9. Best Domestic Class
Nampaknya Qantas merupakan maskapai penerbangan paling agresif karena kategori penghargaan Best Domestic Class pun mereka sabet. Mereka benar-benar serius menggarap faktor ini karena pasar domestik merupakan pangsa pasar mereka yang dominan. Para penumpang Australia merupakan penumpang yang paling dimanjakan di dunia dengan layanan makanan yang lengkap pada semua penerbangan Qantas..

Bayangkan saja, Qantas memberikan anggur dan bir gratis pada penerbangan antara ibu kota setelah pukul empat sore waktu setempat di awal pekan dan penerbangan lintas benua pada waktu makan siang setiap hari.

10. Best New World Carrier
Kategori penghargaan ini dimenangkan oleh maskapai Virgin Australia. Mereka dengan penuh pengertian melakukan semua hal yang dianggap penting oleh penumpang dan memberikan hal tersebut sentuhan kemewahan dan hasil yang menakjubkan.

11. Best Cabin Crew
Kategori ini selama 2 tahun berturut-turut dimenangkan oleh Virgin Australia bersama dengan mitra maskapai penerbangan yakni Virgin Atlantic.

pramugari Virgin Australia
Pramugari Virgin Australia

Selain cantik-cantik, kualitas layanan cabin crew Virgin Australia sangat prima.

12. Best Long Haul Airlines
Untuk kategori Best Long Haul Airlines pemenangnya adalah Etihad (Asia Tengah/Afrika), Cathay Pacific (Asia Pasifik), Lufthansa (Eropa), dan Delta Airlines (Amerika). Keempat maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh tersebut adalah pemimpin yang jelas di wilayah dan juga di luar wilayah dalam menawarkan layanan prima.

Dan yang terakhir, Airline Rating juga memberikan penilaian secara overall dalam Airline Excellence Awars. Berdasarkan penilaian mereka, 10 besar maskapai penerbangan terbaik dunia tahun 2016 adalah:
1. Air New Zealand
2. Qantas
3. Etihad
4. Cathay Pacific
5. Singapore Airlines
6. Emirates
7. EVA Air
8. Virgin Atlantic/Virgin Australia
9. All Nippon Airways
10. Lufthansa

Dan, maaf, maskapai penerbangan asal Indonesia tidak ada satu pun yang masuk hitungan. sungguh disayangkan.
(airlineratings.com, Etihad, Singapore Airlines, Qantas dan sumber-sumber lain yang terpercaya)

2 comments:

  1. Sayang banget biasanya ada nama Garuda Indonesia di jajaran maskapai terbaik dunia

    ReplyDelete
  2. ngga termasuk tuh...banyak yang meragukan

    ReplyDelete