Monday, October 19, 2015

Perhatikan, Ini Frekuensi Yang Tepat Untuk Mencuci Handuk Anda

jangan sering gunakan handuk yang sama, walau kering
Setiap selesai mandi, siapapun selalu menggunakan handuk untuk mengeringkan badan. Namun, waspadalah, handuk ternyata bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Coba tanyakan kepada diri Anda sendiri, "Kapan dan seberapa seringkah Anda mencuci handuk yang Anda pakai?"

Menurut para pakar kesehatan, mencuci handuk yang ideal itu adalah setelah 3 kali atau maksimal 4 kali setelah digunakan.

Lantas, mengapa harus sesering itu? Keri Petersen, M.D., seorang dokter yang berdinas di Lenox Hill Hospital, New York mengatakan bahwa frekuensi mencuci handuk harus sesering itu karena handuk sangat rentan terpapar bakteri dan jamur. Dengan sering menccucinya, maka bisa meminimalkan potensi berkembang biaknya bakteri dan jamur.

Ditambahkan pula bahwa setelah mengeringkan badan dengan handuk, Anda harus menggantung handuk dan jangan mencampurnya atau didekatkan dengan handuk milik orang lain. Keri mengatakan bahwa sebaiknya menjemur handuk di bawah sinar matahari terik secara langsung sehingga dapat mematikan bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Kebiasaan wanita adalah suka menggunakan handuk kering yang sama berulang kali sekadar untuk menutupi badan sebelum menuju ke kamar mandi. Hal tersebut sebaiknya jangan pula dilakukan lebih dari 4 kali, karena efek handuk kering tersebut pun sama dengan efek pakaian yang walau belum bau atau kotor tetap saja dipakai.

Sehabis digunakan, sebaiknya segera jemur handuk basah di bawah sinar matahari. Dan ingat, segera cuci setelah digunakan sebanyak 4 kali

Terakhir, jangan pernah menggantung handuk Anda di kamar mandi, apalagi kalau Anda tidak membuka pintu kamar mandi.
(Women's Health)

No comments:

Post a Comment