Saturday, December 17, 2016

Ini Kebiasaan Rajin Belajar Yang Malahan Membuat Anak Anda Menjadi Bodoh dan Bukannya Pintar

Anak yang bahagia, tumbuh cerdas dan berprestasi dalam hal akademik mau pun non akademik merupakan dambaan setiap orangtua di dunia ini. Hal tersebut membuat banyak orang tua, khususnya para orang tua masa kini yang amat sangat fokus pada kualitas pendidikan anak. 

Misalnya, menyekolahkan sang buah hati di sekolah yang terbaik. Namun kini hal itu pun masih dianggap belum cukup bagi para orangtua sehingga mereka pun juga memasukkan sang anak untuk mengikuti sejumlah les dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Ilustrasi mengajari anak belajar
Ilustrasi anak belajar di rumah

Namun, baru-baru ini muncul publikasi hasil penelitian dari Harvard University yang mengungkapkan dua kebiasaan belajar yang justru malahan membuat anak menjadi malas dan bodoh, yaitu::

Belajar lebih dari 30 menit
Menurut hasil studi para peneliti di Harvard University, lama belajar di rumah untuk anak adalah tidak lebih dari 30 menit setiap hari.

Kemudian, waktu belajar pun mesti diusahakan sama setiap hari. Jadi, apabila anak belajar setiap jam tujuh malam, maka biasakan untuk selalu belajar pada waktu yang sama.

Cara tersebut menstimulasi otak untuk terbiasa dan terjaga selama waktu belajar.

Selain itu, informasi yang disampaikan satu per satu kepada anak lebih efektif ketimbang Anda langsung menyampaikan 10 informasi dalam satu waktu.

Belajar hingga tengah malam
Sesi belajar yang terlalu lama hingga tengah malam dan intens hanya akan membuat otak anak cepat lelah sehingga menciptakan rasa jenuh.


Bahkan, anak yang selalu belajar setiap hari, terlebih lagi hingga sampai larut malam justru memiliki performa (prestasi) buruk di sekolah.
(Medical Daily)

No comments:

Post a Comment